Selasa, 22 Oktober 2019
Pemerintahan

Tol Trans Sumatera Bakal Tembus Bukit Barisan

Wacana.co.id.COM- Pemerintah akan membangun jalan tol Padang-Pekanbaru yang membentang sepanjang 244 km yang juga masuk dalam proyek besar Trans Sumatera. Uniknya, jalan tol ini akan dilengkapi dengan terowongan yang menembus jajaran Bukit Barisan.

Dirjen Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Sugiyartanto menjelaskan tak hanya satu terowongan. Setidaknya ada dua terowongan yang masuk dalam perencanaan untuk menembus bukit barisan.

“Salah satu terowongan yang saat ini sedang dalam tahap perencanaan adalah pembangunan ruas jalan Tol Pekanbaru-Pangkalan, nanti akan ada Bengkulu-Muara Enim yang juga,” kata Sugiyartanto di kantornya.

Dia menilai, proyek ini memiliki tingkat bahaya yang cukup tinggi. Pasalnya Bukit Barisan dinilai menjadi kawasan yang rawan bencana. Mulai dari potensi longsor dan pergerakan tanah, hingga gempa bumi.

“Sehingga dalam tahap perencanaan ini menjadi sangat-sangat penting. Maka perencanaannya harus sangat matang,” kata Sugiyartanto.

Sugiyartanto juga mengatakan sudah ada dua alternatif trase yang direncanakan. Menurutnya, kini pihaknya sedang mencari trase yang paling aman untuk mulai konstruksi.

“Itu sudah ada dua alternatif trase tapi kita akan mencari alternatif trase terbaik, terpendek, dan teraman. Kebetulan dua-duanya menembus Bukit Barisan,” ungkap Sugiyartanto.[sgh]

Tinggalkan Balasan