Rabu, 23 Oktober 2019
Pemerintahan

Roy Suryo Usul Menteri Pakai Mobil Rental

Wacana.co.id – Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo menyarankan pemerintah menggunakan mobil rental untuk memenuhi kebutuhan kendaraan dinas para menteri kabinet Joko Widodo-Ma’ruf Amin. Cara itu, kata dia lebih efisien karena pemerintah tak perlu mengeluarkan uang untuk perawatan.

“Mobil rental itu efisien, pemerintah tidak perlu mengeluarkan anggaran untuk perawatan. Perawatan ditangani oleh rentalnya dan masa pakainya juga terus bisa dimodifikasi dan diperbaharui,” ujar Roy di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (23/8).

Roy menilai, keputusan pengadaan mobil dinas baru oleh pemerintah tak tepat, mengingat saat ini tengah terjadi resesi ekonomi. Pembelian kendaraan anyar juga tak sepadan dengan masa jabatan menteri yang tak terlalu lama. Apalagi, seorang menteri bisa diganti sebelum habis masa jabatannya jika kinerja dianggap tak memuaskan.

“Kalau menurut saya wacana pembelian mobil menteri atau saya dengar lelang sejumlah ratusan miliar ini kurang tepat, kurang tepat kenapa? Menteri itu jabatan publik yang tidak lama masa jabatannya,” tutur politisi Demokrat itu.

Diketahui, para menteri Jokowi di kabinet mendatang akan mendapatkan mobil dinas baru. Anggaran untuk pengadaan mobil ini lebih dari Rp 147 miliar.

Lelang tender kendaraan ini dimenangi PT Astra International Tbk-Tso dengan harga Rp 147.229.317.000.[ab]

Tinggalkan Balasan