Selasa, 22 Oktober 2019
Pemerintahan

Moeldoko Tegaskan Indonesia Buka Kesempatan Kerjasama untuk Pengembangan SDM

JAKARTA –  Setelah pada periode pertama Pemerintahan berfokus pada pembangunan infrastruktur, pada periode kedua pemerintahan Presiden Jokowi fokus akan berfokus pada pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM).

Hal itu ditegaskan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko saat menerima kunjungan Assistant Secretary United of State for East Asian and Pacific Affairs, David Stiwell di Bina Graha, Kantor Staf Presiden, Senin, 2 September 2019.

Dalam kesempatan ini, Stiwell menekankan bahwa Amerika Serikat siap mendukung Pemerintah Indonesia dalam melakukan pengembangan SDM.

Salah satunya sudah dilakukan dalam bentuk kegiatan Youth Summit Asia Leader, di mana pemerintah Amerika membiayai tiga ribu pemuda pemudi di Asia Pacific untuk mendapatkan pelatihan terkait kepemimpinan dan kebudayaan. Ke depannya kegiatan-kegiatan semacam demikian akan semakin diperbanyak, karena dinilai memberikan manfaat yang positif bagi SDM Asia khususnya Indonesia.

“Indonesia mendapatkan berkah yang luar biasa karena memiliki bonus demografi usia muda yang akan memberikan produktifitas bagi pembangunan negara,” kata David Stiwell.

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko memaparkan jika berbagai program baru telah disiapkan pemerintah untuk meningkatkan kualitas SDM Indonesia diantaranya Kartu Indonesia Pintar Kuliah dan Kartu Pra Kerja yang akan segera diluncurkan pada Januari 2020.

Ke depannya Moeldoko berharap, akan ada kerjasama yang lebih baik antara Pemerintah Indonesia dengan Pemerintah Amerika Serikat dalam pengembangan SDM Indonesia utamanya dalam peningkatan kualitas sekolah vokasi. Harapannya dengan kerjasama tsb angkatan kerja Indonesia akan memiliki kompetensi dan keterampilan yang sesuai dengan kebutuhan industri sehingga mampu bersaing pada pasar tenaga kerja Internasional.

Turut mendampingi Assistant Secretary United of State for East Asian and Pacific Affairs dalam pertemuan tersebut, Ambassador Donovan- Duta Besar Amerika untuk Indonesia, David Feith, Senior Advisor Indonesia US Embassy dan Brooke Moppert, Special Assistant for US Embassy.

gm2

 

 

 

Tinggalkan Balasan