Rabu, 23 Oktober 2019
Pemerintahan

Meme Sesat Bertebaran, Mendagri Imbau Masyarakat Tak Langsung Percaya

Wacana.co.id.COM– Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengimbau dan meminta kepala daerah, bersama berbagai pihak untuk melakukan pengawasan agar tidak mempercayai informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya atau hoaks.

“Saya meminta kepala daerah agar mengarahkan seluruh aparatur di wilayahnya termasuk para guru, kepala sekolah untuk melakukan kontrol, mengingatkan untuk berhati-hati mencerna informasi yang berawal dari media sosial, facebook, meme,” dalam Konferensi pers di Kantor Menkopolhukam, Jakarta, bersama Menkopolhukam Wiranto, Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian, dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, pada Kamis (26/9).

“Termasuk juga harus disampaikan kepada para guru, para medis, para perawat, civitas akademik perguruan tinggi. Kami juga sudah berkoordinasi dengan Forkopimda, Kapolda hingga Kapolsek, Kajati sampai Kajari yang ada fungsi-fungsi intelejennya,” sambungnya.

Himbauan itu juga ia sampaikan agar kepala daerah dapat mencermati gelagat perkembangan dinamika nasional yang sampai ke daerah. “Kemendagri  mengharapkan kepada  seluruh kepala daerah yang ada, mencermati gelagat perkembangan dan dinamika nasional sampai ke daerah dan segera mengambil langkah untuk menciptakan harmoni dan ketentraman dan ketertiban masyarakat disekitarnya. ,”imbuhnya.

Selain itu, Tjahjo juga menegaskan, pemerintah daerah baiknya menerima secara langsung aspirasi masyarakat, termasuk aspirasi mahasiswa dan masyarakat saat ada demontrasi di wilayahnya.

“Kami meminta dan mengharapkan bahwa DPRD yang merupakan bagian dari Pemerintah Daerah bersama kepala daerahnya untuk menerima dengan baik unjuk rasa atau demo-demo mahasiswa yang menyampaikan aspirasi, untuk bisa diteruskan, baik ke DPR RI ataupun kepada Pemerintah Pusat,” tandasnya.[asa]

Tinggalkan Balasan