Rabu, 23 Oktober 2019
Pemerintahan

Marak Kecelakaan, Menhub Kaji Aturan Jam Khusus Truk Melintas di Tol Jagorawi

Wacana.co.id.COM – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) angkat bicara atas maraknya kecelakaan di Tol Jagorawi di pertengahan 2019. Lantas, apa tawaran solusi dari Kemenhub?

Menhub Budi Karya Sumadi mengatakan, pihaknya tengah mengkaji aturan penerapan jam lalu lintas untuk truk di Tol Jagorawi. Ia mengaku dalam waktu dekat akan umumkan hasilnya.

“Kita memang ada rencana untuk mengevaluasi bagian tertentu seperti kemarin menuju daerah Bandung KM 10. Itu juga kita evaluasi, kita tunggu hasilnya seperti apa,” kata Budi di Gedung Indoor Basket Senayan, Jakarta Selatan, Minggu (22/9/2019).

“Makanya kita bicarakan dengan Pemda (soal jam truk melintas). Seperti Tangerang merekomendasikan beberapa hal untuk melarang dan sebagainya,” sambung Budi.

Menurut Budi, kecelakaan terbanyak di Tol Jagorawi berada di Km 10 arah Bandung. Budi menilai ada permasalahan pada sopir maupun muatan truk.

“Kalau pengendaranya apakah load-nya. Jadi kita akan membuat rekomendasi yang terstruktur lebih keputusan nasional maupun di daerah,” ujar Budi.

Sementara Kakorlantas Polri Irjen Pol Refdi Andri juga mengaku tengah membahas persoalan kecelakaan di To Jagorawi. Namun, ia meminta waktu bicara dengan berbagai pihak terkait.

“Memang banyak hal yang perlu kita kaji baik faktor jalan bisa juga kendaraan unsur pengemudi dan lain-lain. Kita lakukan secara bersama,” ungkapnya.

Tinggalkan Balasan