Minggu, Juli 21, 2019
Pemerintahan

Makan Siang Bareng Buruh, Presiden Jokowi Berharap Peringatan May Day Berlangsung Kondusif

Presiden Jokowi makan siang bareng buruh saat berkunjung ke pabrik sepatu PT KMK Global Spors, di Kel. Talagasari, Kec. Cikupa, Kabupaten Tangerang, Banten, Selasa (30/4) siang. (Foto: IST)

Sehari menjelang Peringatan Hari Buruh atau May Day, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi pabrik sepatu PT KMK Global Spors, di Kel. Talagasari, Kec. Cikupa, Kabupaten Tangerang, Banten, Selasa (30/4) siang. Dalam kesempatan ini, Presiden Jokowi makan siang bersama para buruh perusahaan itu.

“Ya makan siang tadi kan ada tempe, ada telor, ada sayur. Saya kira ya secara gizi dan nutrisi untuk saya sudah sangat bagus,” kata Presiden Jokowi menjawab wartawai usai melakukan kunjungan ke perusahaan tersebut.

Menu makan siang Presiden sendiri sama dengan yang dimakan para buruh, dan Presiden menilai enak makanan tersebut.

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi mengaku sempat bertanya-tanya kepada para buruh, dimana ada yang sudah bekerja di perusahaan itu 15 tahun, 20 tahun, bahkan ada yang 23 tahun.

“Artinya, menurut saya atmosfer lingkungan yang ada di PT KMK ini saya kira memberikan sebuah atmosfer yang baik, lingkungan yang baik pada karyawan. Ada kliniknya yang saya kira  juga sangat bagus,” ujar Presiden.

Demikian juga soal gaji, menurut Presiden, dirinya sempat menanyakan masalah itu kepada para buruh. “Rp3.900.000, wah saya kira sudah…,” ucap Presiden.

Presiden Jokowi menjelaskan, yang paling penting itu meningkatkan produktivitas lewat rescaling, upscaling. Sehingga, kalau sudah produktif perusahaan itu menggaji lebih tinggi mampu. Karena produktifitasnya juga menyangkut produksi berapa yang dihasilkan.

“Kalau yang dihasilkan naik, saya kira menggaji, gajinya dinaikkan tidak ada masalah, ya,” tutur Kepala Negara.

Dalam kesempatan itu Kepala Negara menyampaikan harapannya agar Peringatan Hari Buruh atau May Day, Rabu (1/5) besok, berjalan dengan baik, dengan kegembiraan, dan semuanya kondusif.

Mendampingi Presiden Jokowi dalam kesempatan itu antara lain Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Hanif Dhakiri, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, dan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto. (BPMI/FID/ES)

 

 

Tinggalkan Balasan