Selasa, 22 Oktober 2019
Daerah

Lapisan Ozon Menipis, Fery Antoni Ajak Masyarakat OKU Timur Bersama-sama Jaga Bumi

Setiap tanggal 16 September masyarakat dunia memperingati Hari Ozon sedunia. Peringatan ini ditetapkan pada tanggal 16 Sepetember 1987 di Montreal yang dihadiri oleh 188 negara. Persetujuan ini sendiri diprakarsai program Lingkungan PBB untuk mengingatkan penduduk dunia tentang menipisnya lapisan ozon di bumi.

Menyikapi peringatan tersebut, Wakil Bupati Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Sumatera Selatan (Sumsel), Fery Antoni mengungkapkan dirinya turut prihatin atas kondisi bumi akhir-akhir ini. Dirinya mengajak masyarakat, khususnya masyarakat OKU Timur untuk bersama-sama menjaga bumi.

“Selamat memperingati Hari Ozon Internasional. Saya mengajak seluruh masyarakat agar sama-sama menjaga bumi kita. Ozon ini tidak terlihat namun sangat terasa, mulai dari diri sendiri, dari hal kecil. Sudah saatnya memperbaiki bukan memperburuk,” ungkapnya kepada awak media, Senin (16/09).

Fery Antoni menambahkan, lapisan ozon berfungsi sebagai penghalang hampir semua sinar ultraviolet yang dipancarkan matahari. Sinar ultraviolet adalah sinar yang dipancarkan matahari dengan energi yang cukup tinggi. Maka apabila lapisan ozon semakin tipis, praktis akan mengakibatkan semakin besarnya radiasi sinar ultraviolet yang jatuh ke permukaan bumi dan dapat menyebabkan dampak negatif terhadap lingkungan dan juga kesehatan.

“Peringatan Hari Ozon yang diperingati hari ini harus dimaknai secara nyata. Bumi kita sedang dalam kondisi tidak baik. Mari kita pulihkan dengan berbagai cara dan dengan kebersamaan. Kita bertekad menjadikan OKU Timur sebagai daerah yang menjadi rujukan dalam menjaga memulihkan bumi kita,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan