Selasa, 22 Oktober 2019
Pemerintahan

Jokowi Apresiasi Demo Tolak RKUHP, Besok Agendakan Ketemu Mahasiswa    

Wacana.co.id.COM- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi mahasiswa yang menggelar aksi unjuk rasa di berbagai daerah untuk menolak revisi undang-undang yang dinilai bermasalah. Menurut dia, aksi unjuk rasa tersebut sebagai bentuk dari demokrasi di Indonesia.

Jokowi bahkan berjanji akan segera bertemu dengan para mahasiswa setelah aksi yang digelar di berbagai daerah beberapa hari terkahir ini. Menurutnya, pertemuan dengan para pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) akan digelar pada Jumat (27/9).

“Besok kami akan bertemu dengan para mahasiswa. Utamanya BEM,” ujar Jokowi saat memberikan pernyataan resminya di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (26/9).

Ia juga mengatakan, aspirasi yang disampaikan dalam gerakan mahasiswa itu ditampung dan dipertimbangkan. Namun, ia mengingatkan agar aksi yang digelar mahasiswa berjalan damai dan tak anarkis.

“Apresiasi saya terhadap demonstrasi yang dilakukan oleh para mahasiswa yang ini saya kira sebuah bentuk demokrasi yang ada di negara kita dan masukan-masukan yang disampaikan menjadi catatan untuk memperbaiki yang kurang di negara kita,” kata Presiden.

Seperti diketahui, mahasiswa di berbagai daerah menggelar aksi untuk menolak revisi undang-undang yang bermasalah, seperti hasil revisi UU KPK, RKUHP, dan revisi UU kontroversial lainnya. Namun, di beberapa daerah, aksi mahasiswa berakhir ricuh.

Seperti diketahui, Presiden Jokowi bertemu dengan para tokoh di Istana Merdeka, Jakarta. “Banyak sekali pandangan-pandangan, masukan-masukan yang diberikan kepada saya dalam rangka peristiwa-peristiwa akhir-akhir ini yang terjadi di negara kita Indonesia,” kata Jokowi dalam jumpa pers bersama para tokoh di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Kamis (26/9).

Selain tentang UU KPK dan demonstrasi mahasiswa, Jokowi membicarakan soal penanganan karhutla. Pasal-pasal di RUU KUHP juga menjadi perhatian dalam pertemuan itu.[asa]

Tinggalkan Balasan