Selasa, 22 Oktober 2019
Pemerintahan

Di Indonesia Business Forum TV One, Denni Purbasari: FDI sebagai Solusi Resesi Global dan Defisit

JAKARTA – Deputi III Kepala Staf Kepresidenan Denni Puspa Purbasari dalam Indonesia Business Forum TV One membahas ‘Resesi Mengancam, Pajak Dilonggarkan’, tayang live Rabu (5/9) bersama narasumber lain yaitu guru besar FEUI M. Ikhsan dan Firmanzah, Wakil Ketua Umum KADIN Suryani Motik, serta mantan Menteri Keuangan Fuad Bawazier.

Menjawab pertanyaan host, Brigita Manohara, apakah ancaman resesi menjadi bahan rapat terbatas siang tadi, Denni mengatakan bahwa yang disampaikan Bank Dunia kepada Presiden (2/9) bukanlah hal baru. Karena Presiden Jokowi dalam Annual Meeting IMF/World Bank bulan Oktober 2018 lalu telah mengatakan ‘winter is coming’.

Artinya, pada tahun lalu, Pemerintah telah memprediksi trade war akan membawa dampak pada turunnya volume perdagangan, pertumbuhan global, dan harga komoditas. Kini, awal periode resesi—yang diukur dari menurunnya GDP selama 2 kuartal berturut-turut—telah terjadi di Inggris dan Jerman. Dua raksasa Eropa ini telah mengalami penurunan GDP pada kuartal II tahun 2019. 

Resesi Eropa diyakini dapat memicu terjadinya resesi global, yang berdampak pada menurunnya keyakinan investor. Portfolio investment menjadi tidak cukup aman sebagai solusi defisit current account.

“Dalam situasi dimana ekspor sulit dinaikkan karena lemahnya permintaan, dan aliran modal asing berisiko bila ada pembalikan, FDI menjadi jawaban untuk menutup defisit current account,” ungkap Denni.  ivf3

Dalam acara berdurasi satu jam tersebut, Denni yang membidangi kajian dan pengelolaan isu-isu ekonomi strategis di Kantor Staf Presiden ini menjelaskan tentang langkah-langkah Pemerintah untuk menarik FDI dan menjaga ekonomi Indonesia dari krisis, serta menegaskan Indonesia masih dipandang aman oleh investor.

Video lengkapnya di sini

 

Tinggalkan Balasan