Selasa, 22 Oktober 2019
Pemerintahan

Di Hadapan Para Tokoh, Jokowi Tegaskan Komitmennya Menjaga Demokrasi Indonesia

Wacana.co.id.COM – Presiden Joko Widodo , Kamis (26/9/2019) mengundang para tokoh dari berbagai kalangan  ke Istana Merdeka, Jakarta.

Dalam pertemuan tersebut, Presiden menegaskan kembali soal komitmennya terhadap demokrasi dan kebebasan pers. Ia juga menyatakan bahwa kebebasan berpendapat harus dijaga dan dipertahankan.

“Saya ingin menegaskan kembali komitmen saya pada kehidupan demokrasi Indonesia . Kebebasan pers dan berpendapat harus dijaga dan dipertahankan. Jangan sampai bapak ibu sekalian meragukan komitmen saya terhadap hal ini,” tandas Jokowi.

Pertemuan Presiden dengan para tokoh ini membahas situasi saat ini. Mulai kisruh Papua yang belum mereda, UU KPK dan RUU lainnya, hingga penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di sejumlah daerah.

“Temasuk demontrasi demonstrasi belakangan ini,” ujar Jokowi.

Sejumlah tokoh yang hadir dalam pertemuan itu antara lain, Mahfud MD, Gunawan Mohammad, Butet Kertaradjasa, Frans Magnis Suseno, Omi Kamaria Nurcholis Madjid, hingga Alisa Wahid.

Sedangkan dalam daftar undangan yang diterima redaksi Wacana.co.id, ada 42 tokoh yang diundang  Presiden dalam acara tersebut. Salah satunya ada artis senior Christine Hakim , istri Gus Dur Shinta Nuriyah,  mantan Menlu Hasan Wirajuda, rektor UINJakarta Azyumardi Azra dan Komarudin Hidayat. Dan masih banyak tokoh lainnya.  (rma)

Tinggalkan Balasan