Jumat, April 26, 2019
Lifestyle

5 Tips Tidur Nyenyak Setiap Malam dari Para Ahli

5 Tips Tidur Nyenyak Setiap Malam dari Para Ahli

Selain makan dan minum, tidur adalah salah satu hal paling mendasar yang sangat dibutuhkan tubuh. Tidur cukup membuka kesempatan bagi tubuh untuk memperbaiki sel-sel dan jaringan yang rusak serta membangun yang baru. Tak heran berbagai penelitian menyebutkan bahwa orang yang tidur nyenyak setiap malam bisa lebih terlindungi dari ancaman penyakit kronis dan masalah fungsi otak di kemudian hari.

Lantas, bagaimana caranya agar bisa tidur nyenyak setiap malam? Simak tips-tips berikut ini.

Tips agar tidur nyenyak setiap malam

1. Bangun pada waktu yang sama setiap hari

Bangun pada waktu yang sama setiap hari dapat membantu mengatur jam biologis tubuh sekaligus membuat Anda merasa lebih berenergi. Itu sebabnya, banyak ahli menyarankan untuk menyetel alarm bangun setiap pagi di jam yang sama, termasuk di akhir pekan, dan menghindari berulang-ulang memencet tombol snooze saat alarm sudah berbunyi.

Memperlama waktu tidur dari yang seharusnya justru bisa membuat Anda kurang segar dan merasa lebih lemas hingga cepat ngantuk saat beraktivitas.

2. Olahraga sambil berjemur setiap pagi

Daripada menekan tombol snooze berulang kali, para ahli menyarankan untuk memulai hari Anda setidaknya 5 menit awal untuk berjemur matahari dan meditasi.

Sinar matahari pagi dapat membuat Anda lebih “melek” karena cahaya memberi sinyal ke otak untuk menyetop produksi hormon ngantuk melatonin dan menggantinya dengan hormon adrenalin sebagai tanda bahwa ini adalah waktunya Anda untuk bergerak.

Cobalah berjalan atau berolahraga sambil berjemur setidaknya 20-60 menit setelah Anda bangun. Orang-orang yang rutin olahraga sambil berjemur setiap pagi diketahui memiliki kualitas tidur yang lebih baik dan mendapatkan manfaat kesehatan secara keseluruhan.

3. Hindari minuman berkafein

Hindari minum kopi atau teh setidaknya delapan jam sebelum waktu tidur. Pasalnya, tubuh Anda membutuhkan waktu beberapa jam untuk memproses kafein. Kafein dapat memengaruhi kualitas tidur, bahkan meski kafein tak membuat Anda terjaga.

Jadi, jka Anda tetap nekad minum kafein pada sore hari atau mendekati jam tidur, maka risikonya Anda akan kesulitan untuk tidur nyenyak. Selain kopi dan teh, Anda juga sebaiknya menghindari minuman soda dan energi.

4. Tidur siang sebentar

Tubuh akan mengalami dua kali puncak kelelahan dalam satu hari, yaitu pada tengah malam maupun di siang hari. Jadi, apa salahnya jika Anda luangkan waktu sebentar saja untuk menghilangkan rasa kantuk dengan tidur siang.

Tak perlu terlalu lama-lama cukup sekitar 20-30 menit saja, karena tidur siang terlalu lama malah akan membuat tidur malam Anda terganggu. Pastikan untuk mengatur alarm agar Anda tak kebablasan tidur siang.

5. Hindari makan malam mendekati waktu tidur

Anda tentu disarankan untuk makan malam. Hanya saja, hindari makan malam terlalu banyak mendekati waktu tidur. Ini disebabkan karena proses pencernaan butuh waktu yang tidak sebentar, Itu sebabnya, tidak disarankan untuk makan terlalu banyak mendekati waktu tidur atau bahkan langsung tidur setelah makan.

Langsung tidur sesudah makan bisa membuat asam lambung naik dan memicu sakit maag. Naiknya asam lambung selama tidur bisa membuat Anda gampang terbangun di tengah malam karena ulu hati yang terasa sakit, perut mulas, dan tenggorokan panas.

Jika ingin makan malam, makanlah maksimal 2 jam sebelum waktu tidur Anda biasanya.

Baca Juga:

  • 4 Cara Menghentikan Kebiasaan Ngiler Saat Tidur
  • Mengapa Ada Orang yang Mudah Terbangun Saat Tidur?
  • 7 Masalah Tidur yang Diam-Diam Merusak Hubungan Asmara

Source

Tinggalkan Balasan